kolomARDHI


Kurva Ellips
Oktober 21, 2008, 8:57 pm
Filed under: ECC

Kurva Ellips yang dimaksud disini bukan merupakan ellips. Dinamakan demikian karena dideskripsikan dari persamaan kubik. Jadi ya nggak semua Kurva ellips ini memiliki representasi secara geometrik (jadi nggak semua bisa di gambarl ho, yang bisa di gambar ya seperti dalam bilangan real ini)

bisa di lihat contohnya di sini



EcC ..lanjut yo..
Oktober 17, 2008, 9:41 pm
Filed under: ECC

meneruskan celoteh saya di “kenapa juga harus ecc” di sini saya akan bercerita bahwa sebenarnya ecc itu bukan barang baru lho. dia ditemukan secara terpisah pada tahun 1985 oleh victor Miller dan Neal Koblitz. merekalah yang memperkenalkan bahwa keamanan dan efisiensi harus berjalan seiringan. nah karena sifat efisiensi inilah yang membuat ecc menarik untuk kita saat ini.

ini juga faktakan kalau TI berkembang pesat. kemaren aja perasaan baru launching N3315 tahu-tahunya sekarang udah N95. yang dulunya N3315 cuma buat nguleg lombok sekarang N95 udah bisa buat teleconverence. jadi IT emang berkembang pesat dan cepat. Kebanyakan saat ini komputer juga tidak kelihatan seperti PC-PC Oldiest kayak dulu. Komunikator, HaPe dan PDA sekarang ini udah kayak komputer mini aja saking canggihnya. Tapi alat-alat canggih ini memiliki keterbatasan memori dan ngga mustahilkan kita menggunakan banyak bandwidth untuk komunikasi.

Oleh karena itu yang kita butuhkan adalah kriptosistem dengan ukuran kunci dan ukuran tanda tangan digital yang cukup kecil agar dapat digunakan didalam alat-alat canggih tadi. Nggak cukup sampai disitu aja, sistem keamanan ECC yang dikenal dengan ECDLP (nanti ya) belum mampu dijebol oleh algoritma yang cukup efektif. kalo mau ya pakai brute force. tapi ya itu kalu mau nunggu puluhan tahun.

Jadi kesimpulannya kita bisa menggunakan kriptosistem dengan ukuran kunci yang pendek tetapi memiliki tingkat keamanan yang tinggi. kunci yang pendek inilah yang ngga membutuhkan memori terlalu besar.

wah33X.. ternyata begitu toh. baru dong sekarang. eh bener ngga sih para ECCers mania (ECCers mania = sebutan pembaca kolom ECC di blog ini)

(bersambung ya….)



Kenapa juga harus ECC??
Oktober 17, 2008, 4:45 pm
Filed under: ECC

Sejak dimulainya era kriptografi kunci publik sampai sekarang ini, ada dua kriptosistem (RSA dan El Gamal) yang belum bisa dikatakan telah dapat diserang oleh algoritma serangan yang cukup efektif dan efisien. Oleh karena alasan inilah kedua algoritma ini (RSA dan El Gamal) merupakan algoritma yang paling dapat diandalkan dan banyak digunakan sebagai kriptosistem kunci publik pada saat ini. Keduanya bahkan dapat digunakan untuk skema enkripsi/dekripsi data dan juga tanda tangan digital. Semua standard keamanan yang diperlukan dalam sebuah kriptosistem telah dimiliki oleh kedua algoritma ini. jadi seharusnya sudah aman untuk menggunkan RSA dan Elgamal saja.

Pertanyaannya adalah, kenapa kita harus mencari kriptosistem yang lain ? ada2 saja para ahli nih…

Apa hanya sekedar keingintahuan matematika aja.

Apa kita ingin menemukan produk baru dan menghasilkan uang.

Atau jangan2 kita sudah tahu banyak tentang ECC dan dapat membuat kriptosistem2 dengan sesuatuĀ  diĀ  dalamnya (dalam kriptosistem tersebut) yang dapat memata-matai pihak lain.

NAh yang ini paling mungkin, hmmm… dibayar Certicom, kan…?

OR IS THERE REAL NEED FOR A NEW CRYPTOSYSTEM….?

baca lanjutanya ya …….



Pengantar ECC
Oktober 17, 2008, 5:19 am
Filed under: ECC

HHmm… selamat malam temen2. Tulisan ECC saya ini jangan dimasukkan ke hati ya. Kalau ada salah-salah silahkan langsung dibetulkan lewat komentar anda. Karena saya bukan ahlinya tapi akhir-akhir ini saya sering membacanya dari berbagai sumber dari bukunya Stinson, Stallings, blognya bung zaki (temen sekaligus sensei) bukunya Hankerson cs, yang GUIDE to ECC juga bagus, dll. Ya sudah, pembukaannya ngga usah panjang lebar. Silahkan menyimak!!